Reading List: Maret 2015

Apakah sudah terlambat untuk menuliskan buku yang mau dibaca bulan ini, padahal sepertiga bulan sudah berlalu? Masa bodoh lah. Ini karena lagi sibuk membaca materi untuk tugas akhir. Jadi saya curi-curi kesempatan untuk membaca (kurang sableng apa ini, kalau bosan membaca hiburannya adalah membaca yang lain). Di samping itu, sudah menumpuk buku yang saya beli namun belum kunjung dibaca. Sekarang saatnya menyobek sampul plastik dan menyelami lautan kata di dalamnya.

Ini daftar baca saya untuk bulan Maret 2015.

1. Animal Farm-George Orwell

Cover Novel Animal Farm George Orwell

Animal Farm yang legendaris. Desainnya seram, namun mencerminkan karya Orwell.

Novel ini ditulis pada masa perang dunia II. Saat itu pandangan politik tirani ala Soviet tidak bisa diganggu gugat oleh siapapun. Kemudian Orwell secara cerdas membuat karya berdasarkan kondisi tersebut. Bayangkan ada sekelompok hewan ternak dan peliharaan ingin lepas dari majikan manusianya. Mereka pun berhasil (sampai sini saja sudah absurd) dan merasa senang. Namun apakah kesenangan itu berakhir selamanya? It’s time to find out

2. Hope: Kick Andy Heroes-Tim Kick Andy

Cover buku Kick Andy Heroes

Buku motivasi biar jadi pahlawan πŸ™‚

Saya sudah punya buku sejenis. Namun godaan motivasi sejenis ini memang tidak bisa saya hindari. Kisah orang-orang ini memukau sekaligus tersembunyi. Bagaikan batu akik yang masih tertimbun dalam tanah :P. Buku ini berisi kisah perjuangan pahlawan yang sebenarnya. Jalan menjadi pahlawan tidak pernah mudah, namun berkat orang-orang ini kita sadar bahwa masih ada kebajikan di muka bumi.

3. Pembunuhan atas Roger Ackroyd-Agatha Christie

Cover Novel Terjemahan Agatha Christie Bahasa Indonesia

Kisah detektif, salah satu genre favorit saya. Karya Agatha Christie yang wajib dikoleksi.

Misteri pembunuhan. Agatha Christie ahlinya soal itu. Ditambah pula tokoh-tokoh yang saling berkonflik menambah keruwetan kasus. Pokoknya saya suka baca novelnya saja. Setiap beli buku baru pasti ada yang dari Agatha Christie.

4. Satu Menit Pencerahan Nurcholish Madjid-Budhy Munawar-RachmanΒ dkk (editor)

Cover Buku Nurcholish Madjid

Saya sering mendengar nama Cak Nur, namun belum pernah mengetahui pemikirannya secara langsung. Daripada berprasangka dengan label macam-macam, lebih baik baca dulu. Setelah itu baru memberikan penilaian.

Sebagai pemikir dan cendekiawan muslim, Nurcholish Madjid telah memberikan kontribusi besar dalam perkembangan Islam terutama di Indonesia. Saya sendiri cenderung berpendapat penegakan Islam zaman dulu dan zaman sekarang itu caranya berbeda meskipun syariatnya sama. Cak Nur sudah menyadari hal tersebut sejak tahun 1970!

Yang dipikirkan adalah modernisasi Islam. Benar atau salah, saya tidak bisa memberikan judgement karena ilmu yang teramat dangkal. Setidaknya cobalah baca buku ini untuk memahami jalur pikiran beliau. Banyak yang anti dan menganggap sesat, saya juga tidak berhak memberikan judgement atas penilaian mereka (Pasalnya, kata kunci yang muncul di Google terkait Nurcholish Madjid umumnya dua jenis: pemikirannya dan kesesatannya). Just enjoy the book.

5. Sherlock Holmes: Games of Passion-Sir Arthur Conan Doyle

Cover Sherlock Holmes The Game of Passion

Kumpulan kisah yang menyebut nama Irene Adler, wanita idaman Holmes, di dalamnya. Menariknya, versi ini cuma diterbitkan di Indonesia.

Pengumpulan yang unik dari buku Sherlock Holmes. Saya baca karena suka saja.

Jadi itulah Reading List saya untuk Maret. Semoga diberi kesempatan untuk menyelesaikan semuanya πŸ˜€

Iklan

18 thoughts on “Reading List: Maret 2015

  1. Gara berkata:

    The Murder of Roger Ackroyd is one of her best masterpieces besides Ten Little Indians and Murder in the Orient Express πŸ‘πŸ‘.
    Tidak akan kecewa baca Agatha Christie yang satu itu :hehe.

    Suka

Silakan berkomentar di sini

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s