Dimensi 4R Mahasiswa ITB

Tongkat estafet kepemimpinan Institut Teknologi Bandung sudah berganti tangan. Kini posisi rektor ITB dijabat oleh Bapak Kadarsyah. Nama lengkapnya Prof. Dr. Ir. Kadarsyah Suryadi, DEA. Sebenarnya sih sudah beberapa bulan yang lalu. Hanya saja baru-baru ini saya berkesempatan melihat beliau dalam kapasitas sebagai rektor. Tepatnya dalam acara Gelar Budaya Aceh 2015 di Sabuga tanggal 8 Maret 2015 kemarin.

Menurut beliau, dimensi mahasiswa ITB yang ideal itu ada 4R: rasio, raga, rasa, dan religi.

Rasio: Mahasiswa ITB itu dilatih untuk berpikir kritis. Pikirannya dalam, analisisnya tajam. Hal tersebut diajarkan lewat mata kuliah dan budaya sistematis (ini adalah salah satu keunggulan ITB sejak dulu hingga sekarang).

Raga: Mahasiswa ITB itu harus sehat dan mampu secara jasmani. Hal tersebut diwujudkan dengan adanya mata kuliah olahraga dan unit olahraga (yang menurut saya sendiri pun kurang. Bagaimana dengan mahasiswa tingkat akhir?).

Rasa: Mahasiswa ITB itu memiliki kepekaan yang tinggi. Bersikap kooperatif di lingkungan sosial dan menjunjung tinggi norma. Hal tersebut diwujudkan dengan adanya pelatihan soft skill saat masa TPB serta kesempatan belajar di organisasi mahasiswa seperti KM-ITB, himpunan, serta unit kegiatan mahasiswa.

Religi: Mahasiswa ITB diharapkan memiliki jiwa spiritual. Segala tindakannya tidak terbatas pada maksud duniawi, melainkan untuk tujuan yang lebih tinggi. Hal tersebut diwujudkan dengan wadah beragama di unit agama masing-masing, serta mata kuliah agama yang wajib diikuti.

Demikianlah dimensi 4R menurut Pak Kadarsyah. Semoga bisa dipahami, dilaksanakan, dan dievaluasi keberjalanannya di ITB.

Iklan

9 thoughts on “Dimensi 4R Mahasiswa ITB

  1. Gara berkata:

    Keren dan sangat visioner :))
    Semoga semua mahasiswa Indonesia juga memiliki 4R ini di dalam kehidupannya ya Mas :hehe.
    ITB memang keren banget… dulu saya kepingin banget masuk situ, sayang tidak bisa :)).

    Disukai oleh 1 orang

Silakan berkomentar di sini

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s