5 Facebook Page Berhumor Cerdas

PERHATIAN! Perlu diketahui kalau “berhumor cerdas” itu artinya pembaca harus mengerti konteks yang disampaikan. Perlu pikiran terbuka untuk mengapresiasinya. Sebagian bisa saja menganggap “humor cerdas” adalah hujatan yang menyerang pihak mereka. Saya tekankan supaya tidak ada salah paham 🙂

Saya suka humor cerdas karena mengajak untuk berpikir. Bukan sekedar humor yang dipakai untuk mencela. Zaman sekarang, humor cerdas bertebaran di internet, termasuk Facebook. Ada Facebook Page yang memberikan saya dosis tawa tiap harinya. Dalam Facebook page tersebut ada materi yang mungkin sensitif karena berkaitan dengan agama dan paham politik. Tapi humor adalah humor. Jangan diambil hati, ambil hikmahnya.

Ada 5 page yang saya rekomendasikan kepada pembaca. Untuk menuju laman, klik saja judul page warna oranye di bawah 🙂

1. Doraemon Hari Ini

doraemon-hari-ini

Nobita memohon pada Doraemon untuk dipinjami alat, ditafsirkan jadi musyrik. Mungkin kalau dilihat dari ini saja, banyak yang demo supaya Doraemon ditarik dari peredaran.

Doraemon Hari Ini adalah page dengan konten potongan komik Doraemon yang ditafsirkan dalam konteks berbeda. Hasilnya adalah gambar ngawur dengan caption yang super lucu. Ada banyak alasan untuk memilih page Doraemon Hari Ini sebagai pilihan pertama.

  1. Page buatan lokal. Konten dan komunitas semuanya khas Indonesia.
  2. Gaya Bahasa Indonesia arkaik dengan selera humor intelek.
  3. Siapa yang tak tahu Doraemon?

 

Slideshow ini membutuhkan JavaScript.

Page ini mulai rilis pada 2014 dan sayangnya pensiun dalam waktu kurang dari 2 tahun. Alasannya adalah materi komik Doraemon yang terbatas. Walaupun sudah tidak update, cek album foto page tersebut dan anda akan mendapati ratusan post yang menghibur. Dijamin tak mengecewakan.

2. Shit Academics Say

shit-academics-say

Ini adalah page lawak untuk kalangan akademis. Perjuangan mengajar sambil penelitian. Bagaimana begadang sampai pagi demi memenuhi permintaan profesor. Banyak juga jargon dunia akademik seperti citation, peer review, dan semacamnya.

Jangan heran kalau bahasanya tetap formal meskipun isinya lawak. Begitulah dunia akademis. Bercandanya saja serius hehehe. Jangan khawatir, masih ada humor yang bisa dipahami (asal mengerti Bahasa Inggris). Page ini masih update jadi simak saja.

Slideshow ini membutuhkan JavaScript.

 

3. Anda Bertanya Habib Rizieq Menjawab

anda-bertanya-habib-rizieq-menjawab

Page seperti ini yang perlu disikapi dengan paling hati-hati. Tentunya ini bukan page asli Habib Rizieq, eks ketua FPI. (saya yakin) Bukan juga akun yang sengaja digunakan untuk menjelek-jelekkan Islam. Ini adalah akun yang dibuat sebagai refleksi diri atas kesempitan berpikir sebagian kalangan. Seperti yang tertulis dalam deskripsinya: Fej ini 100% asli farodi demi melawan kebahlulan, fanatisme semfit, kekakuan berfikir, ultra-faranoid & femujaan kekerasan, dgn cara unyu sekaligus barokah.

Slideshow ini membutuhkan JavaScript.

Dalam page ini terdapat kritikan dan sindiran atas hal-hal tak logis karena usaha dalam menegakkan syariah Islam. Jangan salah, saya senang dengan usaha untuk menegakkan syariat Islam. Hanya saja saya menentang kesempitan pemahaman atas Islam. Bukankah Islam itu menuntun kepada rasa aman dan keselamatan? Jangan sampai orang lain malah tidak aman dan selamat gara-gara orang Islam.

Page ini terus update. Jadikan untuk pembelajaran dan hiburan. Hati-hati kalau share karena materinya sensitif.

Sassy Socialist Memes

sassy-socialist-memes

Anda memilih persaingan bebas dan kebebasan individu ala kapitalisme atau kemanfaatan sumber daya untuk kepentingan bersama ala sosialisme? Kalau Indonesia sih pilih dua-duanya. Makanya kita berasaskan Pancasila. Anyway, setiap paham ada kelebihan dan kekurangannya. Anda belum tahu apa perbedaan kapitalisme dan sosialisme? Mampirlah ke page ini.

Sassy Socialist Memes adalah kumpulan mim (ya, meme dibaca mim kalau anda belum mengerti) yang mendukung paham sosialisme (jangan dicampurkan dengan komunisme, keduanya beda). Kemudian paham sosialisme dibandingkan dengan kapitalisme. Humor yang disajikan pada awalnya berbau social science tapi kelamaan anda bakal mengerti. Ini cara yang keren untuk belajar mengidentifikasi ciri kapitalisme dan sosialisme.

Slideshow ini membutuhkan JavaScript.

Page ini masih update dengan mim terkait sosialisme dan kapitalisme. Selamat belajar 🙂

God

god-facebook-page

“Tuhan” di Facebook adalah komedian.

Di Facebook, Tuhan punya Facebook Page. Bukan page biasa, tapi Facebook Page terverifikasi! Ini memang parah. Buntut dari kebebasan individu dan globalisasi hehe. Sekali lagi, ini membutuhkan keterbukaan pikiran. Tentu kita tidak mengakui bahwa orang yang memiliki Facebook Page ini adalah tuhan betulan. Yang perlu dicatat adalah poin untuk melepaskan diri dari kesempitan pemahaman soal agama. Seperti akun Habib Rizieq di atas, akun ini berisi parodi yang mengkritik kesempitan beragama. Sasarannya bukan Islam saja, namun semua aliran religius yang fanatik.

Tentunya banyak reaksi muncul. Tidak sedikit yang mencoba menutup page ini. Banyak juga yang mendukung. Hmm, jadi kepikiran apakah saya tergolong sekuler kalau mendukung page seperti ini? Yang jelas selalu ada pelajaran (serta tawa) yang bisa diambil dari page semacam ini. Klik dan simak kisahnya yang selalu update.

Slideshow ini membutuhkan JavaScript.

***

Setelah berkunjung ke page di atas sekalian mampir ke Facebook page blog ini ya :). Saya share foto, postingan, dan hal menarik lain di Facebook Page Kompilasi Perkara Yogi Saputro.

Iklan