Uji Kosakata: Anagram [1]

Balada Bahasa Indonesia kembali lagi. Postingan tema ini ditujukan untuk berbagi info tentang berbagai fitur dalam Bahasa Indonesia. Saya sendiri tak mau sok jadi guru Bahasa Indonesia, lha wong ulangan saja nggak pernah diatas 80 :P. Tapi bahasa yang baik menunjukkan kultur baik. Menurut saya, salah satu cara memperbaiki diri adalah memperbaiki cara berbahasa.

Kemudian karena website dan blog yang menjelaskan arti kata sudah banyak, saya coba pendekatan lain. Saya tentang pembaca sekalian buat menjawab Uji Kosakata. Tema Uji Kosakata kali ini adalah anagram. Definisi anagram adalah penyusunan ulang per huruf dari kata/frase untuk dijadikan kata/frase baru.

Contoh anagram

hutan | hantu, tuhan, tahun
batu kali | bakal itu, Ali batuk, buat kail

Tantangan Uji Kosakata

Saya terinspirasi dari sebuah kuis di televisi yang dibawakan Helmi Yahya zaman dulu. Oh ya, saya juga terinspirasi dari soal TPA (Tes Potensi Akademik) yang seperti ini:

Kata manakah yang berbeda dengan yang lain?

Dengan sedikit modifikasi aturan, saya sajikan dalam gambar di bawah. Aturannya sederhana, saya membuat sekelompok kata yang merupakan anagram: hurufnya sama semua, hanya susunannya berbeda. Tugas pembaca adalah menentukan kata mana yang tidak tepat. Hanya ada satu jawaban untuk tiap nomor. Siapkanlah kertas dan pensil lalu tulis jawabannya.

Kunci jawaban ada pada tautan berikut: http://pastebin.com/4w09N887.

Uji Kosakata-Anagram [1]

Saya menambahkan rating supaya ada nilai seperti main Angry Birds atau Candy Crush. Dalam proses seperti ini malah mungkin kita menemukan kata-kata yang ada namun belum terdengar sebelumnya. Di situlah letak kesenangannya 🙂

Doakanlah saya lancar rezeki. Suatu saat saya berencana membuat kuis seperti ini dengan hadiah sungguhan. Semoga bisa terwujud hahaha.

Mau tahu dan belajar lebih banyak tentang Bahasa Indonesia? Klik Balada Bahasa Indonesia.
Untuk memperoleh lebih banyak Uji Kosakata, klik tag Uji Kosakata.

Salam dan sampai jumpa di Uji Kosakata berikutnya.

7 thoughts on “Uji Kosakata: Anagram [1]

  1. Syukur alhamdulilah, bintang penuh :hihi. Ya Tuhan saya jawabnya banyakan nebak :haha. Tapi ada beberapa kata yang saya pikir lazim ternyata adalah kata nonbaku, mungkin karena itu kata biasanya berimbuhan tapi imbuhannya dihilangkan yaa. Pengecoh banget itu :hihi.
    Kuis yang bagus! Amin, semoga bisa mengadakan kuis yang betulan berhadiah :hihi.

    Suka

  2. mhilal berkata:

    Oke, saya coba jawab. Ini benar-benar menantang :mrgreen:

    1. gati
    2. surak
    3. makra
    4. semar
    5. tipah
    6. hepar
    7. pasu
    8. petam
    9. betal
    10. ratak

    Suka

Silakan berkomentar di sini

