Percayalah, Ada Orang Baik di Atas Sana

Minggu ini berita televisi dihiasi kabar dilantiknya Agus Rahardjo sebagai Ketua KPK dan mundurnya Setya Novanto sebagai Ketua DPR. Saya nggak mau ngomong soal sepak terjang dunia politik di Indonesia. Yang saya tekankan dalam tulisan ini, hasil yang terjadi barusan di panggung depan adalah hasil pertarungan di belakang. Pertarungan antara kepentingan rakyat dan kepentingan ambisi pribadi.

Saya pernah dengar dari orang yang berkutat di urusan begini. Setiap ada urusan pelik seperti ini, selalu ada jalur belakang. Jalur lobi-lobi. Ada yang melobi supaya urusan dimudahkan, namun ada penegak kepentingan rakyat yang mencegahnya. Di sinilah perang sebenarnya antara orang-orang baik dan orang jahat.

Percayalah bahwa di kalangan atas itu banyak orang baik. Mereka memperjuangkan apa yang benar. Siapa mereka? Itulah yang tak kita tahu. Media tak mau menyoroti sebab tak mengandung sensasi. Para orang jahat menghalalkan segala cara untuk menyingkirkan orang baik. Orang-orang baik disingkirkan dari jabatan, berakhir di penjara, atau menjadi martir.

Dua perubahan di institusi besar Indonesia bagi saya adalah hasil dari perjuangan orang baik. Apakah Indonesia bakal jadi lebih baik? Itu yang kita nantikan. Saya percaya bahwa orang-orang baik yang ingin mmebangun Indonesia masih banyak. Dan kenapa kita nggak menjadi salah satunya? Meskipun banyak martir sepanjang menegakkan kebenaran, harapan takkan padam.

Salam untuk hidup positif.

Iklan

2 thoughts on “Percayalah, Ada Orang Baik di Atas Sana

Silakan berkomentar di sini

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s