Sering Menatap Layar Gawai? Mendongaklah

I care about my posture. Saya peduli dengan tampilan postur pribadi. Walaupun pendek, yang penting tegap. Ini bukan soal pengen kelihatan gagah atau keren. Ini soal fungsionalitas. Kalau postur bagus, badan bisa digerakkan dengan bebas tanpa merasa atau pegal. Saya nggak suka kalau badan berat atau pegal ketika beraktivitas.

Sayangnya semua berubah ketika negara api menyerang saya mulai bekerja. Kebanyakan aktivitas ya nongkrong di depan laptop. Balas email, buat dokumen, siapkan presentasi. Kalau istirahat siang atau di rumah tetap saja nggak bisa lepas dari smartphone atau tablet. Akibatnya saya merasa nggak segesit pas masa dulu. Satu penyebab yang besar: keseringan melihat layar gawai.

Apakah pembaca merasa keseringan lihat gawai juga? Kalau iya, boleh lah kita perhatikan bersama.

Kalau lagi fokus banget lihatin gawai, otomatis kepala didekatkan ke layar kan? Nah, ketika itu sebenarnya tulang belakang menerima beban berat karena di-stretch ke posisi yang tidak alami. Sedikit-sedikit nggak sadar, tapi kalau berjalan setiap hari efeknya bisa buruk. Untuk mengujinya, cobalah mendongak ke atas. Tahan dagu dengan tangan sampai dagu dan leher hampir vertikal. Kalau kelamaan di depan laptop atau smartphone, biasanya leher terasa kaku dan sakit. Itu karena leher mulai kaku setelah kebanyakan condong ke depan kemudian diarahkan sebaliknya.

Ini adalah reminder ringan buat saya, dan mungkin bisa berguna buat pembaca. Ingatlah buat mendongak sedikit kalau merasa keseringan melihat gawai. Lebih bagus lagi kalau ditindaklanjuti olahraga ringan dan sikap duduk yang betul 🙂

Iklan

3 thoughts on “Sering Menatap Layar Gawai? Mendongaklah

Silakan berkomentar di sini

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s