Mengulik SMS Promo Berbasis Lokasi

Ketika jalan-jalan di King Plaza dekat Masjid Raya Bandung, handphone saya bergetar. Rupanya ada SMS. Rupanya lagi, si SMS ini asalnya dari D****n Donuts. Dia sedang ada penawaran: beli 6 donat gratis 6 donat. Sama kaya selusin setengah harga mungkin ya. Saya rasa itu tawaran menarik, namun saya menahan diri karena pengeluaran lagi besar.

SMS promo berbasis lokasi

SMS Promo yang saya dapat pas jalan-jalan

Bagi pembaca yang hobi jalan-jalan di mall/pertokoan, apalagi di kota besar, pasti sering juga menerima SMS promo macam begini. Nah, mengapa SMS promo seperti ini mulai sering bermunculan? Bagaimana si D****n Donuts mengetahui kalau saya berada di dekat Dalem Kaum sehingga bisa mengirim SMS promo seperti itu? Kita bakal membahas dua pertanyaan itu dalam post ini. Oh ya, ini murni dari pengamatan saya sendiri berdasarkan ilmu yang diperoleh di Sistem dan Teknologi Informasi. Tidak ada bentuk approval dari operatornya.

SMS Promo = Iklan Canggih

Pertama, kita bahas mengapa SMS promo ini muncul. Pada dasarnya SMS promo ini adalah media iklan. Si operator menawarkan jasa media iklan dan kira-kira ngomong begini kepada calon pengiklan, “Oi perusahaan. Sini ngiklan barang di gue. Iklan lo cuma bakal dibaca sama orang yang ada di sekitar outlet/toko lo. Jadi harganya bakal lebih murah, udah gitu tepat sasaran. Semua orang yang baca iklan lo berpeluang lebih tinggi buat beli.” Apakah tawaran itu menarik bagi perusahaan? Tentu saja. Dengan proses beriklan lebih efektif, biaya beriklan dapat ditekan. Efektivitas iklan pun meningkat. Ini menguntungkan bagi operator maupun perusahaan pengiklan.

Si perusahaan yang mau beriklan cukup menghubungi operator dengan perjanjian kontrak tertentu. Sisanya ditangani operator. Si perusahaan cukup mengurus konten. Jadi walau di gambar atas nama pengirimnya D****n, tetap saja semua ulah operator.

Ini strategi bisnis yang cukup baru sepengamatan saya. Operator bisa membuka lahan pendapatan tambahan yang tak bisa dilakukan pihak lain. Maklum saja, selama ini operator jarang kebagian laba dari maraknya transaksi online. Soalnya dia cuma penyedia jalan (infrastruktur buat internetan maksudnya). SMS dan telepon pun mulai berkurang intensitasnya. SMS Promo adalah salah satu langkah untuk mendongkrak pendapatan di wilayah operator. Mungkin di masa depan bertambah lagi iklan (sayangnya bukan rezeki) dari arah yang tak disangka-sangka.

Bagaimana operator mengirimkan SMS promo kepada pelanggan

Siklus proses pengiriman SMS promo

Kecanggihan di Balik SMS Promo Berbasis Lokasi

Kunci kecanggihan model promosi seperti ini adalah fitur location di smartphone anda masing-masing. Ini poin pentingnya: SMS promo bakal masuk ke HP kalau anda mengaktifkan paket data dan fitur location. Kalau anda aktifkan fitur location, operator bakal tahu posisi anda secara akurat. Ini juga alasan mengapa SMS promo baru muncul belakangan. Kalau dulu, operator hanya bisa menebak posisi HP berdasarkan BTS terdekat. Jangkauan BTS kan hingga beberapa kecamatan. Kalau ada diskon donat tapi di mall kota sebelah kan males bangetttt. Dengan fitur location, SMS promo bakal lebih tepat sasaran.

Setelah operator tahu posisi anda, dia bakal masukkan koordinat tersebut ke dalam suatu sistem. Di dalam sistem sudah ada data koordinat outlet/toko pengiklan. Kalau posisi anda di dalam radius tertentu dengan outlet/toko pengiklan, sistem bakal mengirim SMS kepada anda. Simpel sebenarnya. Hal kerennya, semua proses tadi berjalan otomatis. Operator tinggal memasukkan koordinat outlet/toko, radius iklan, dan konten SMS. Sisanya dijalankan sistem secara terpusat. Tinggal ongkang-ongkang terima order, dapat duit deh :P.

Semua pengguna operator umumnya bakal kebagian SMS promo apabila jaraknya mencukupi. Waktu naik lift, saya dengar ada juga yang membicarakan promo tersebut. Dari segi penyebaran iklan, metode ini bagus. Kekurangannya, kita sebagai user tidak bisa menolak datangnya SMS promo ini. Kadang-kadang mengganggu walau nggak sampai spamming.

Penutup

SMS Promo berbasis lokasi merupakan bentuk penyesuaian operator buat mendapat penghasilan tambahan. Mereka memutar otak dan mencari strategi yang efektif dan efisien. Kita sebagai user selayaknya bijak menyikapi. Kalau tertarik dengan promo, bisa dibaca. Kalau tak tertarik ya abaikan saja. Pelajaran yang bisa dipetik: kreatiflah dengan sumber daya yang dimiliki. Walaupun dinilai orang tak berharga, kalau dimanfaatkan sesuai kebutuhan zaman bakal bermanfaat.

Iklan

18 thoughts on “Mengulik SMS Promo Berbasis Lokasi

  1. Gara berkata:

    Nomor hapenya bisa ketahuan begitu ya Mas kalau kita dideteksi oleh satelit (seperti di gambar itu)? Canggih, yak. Pertamanya saya juga bingung soalnya setiap masuk lokasi pameran tertentu pasti deh dapat SMS promo, terus bertanya-tanya ini penyelenggara/sponsor tahu nomor saya dari mana dan tahu dari mana saya ada di sana :haha. Tapi kalau kita tidak mengaktifkan fitur Location, tidak akan ketahuan, karenanya tidak akan dikirimi SMS, dong?

    Disukai oleh 1 orang

    • Nggak harus satelit sih. Itu cuma menunjukkan bahwa data itu masuk ke pusat data atau server milik operator yg nantinya diteruskan ke program.

      Kalau nggak aktif, ya harusnya nggak menerima. Tapi siapa sih yang rela matiin paket data hari gini?

      Disukai oleh 1 orang

  2. Bisa pake beacon juga yog.

    Anyway di kantor gw ada store donat lain yang isi SMS nya kurang lebih sama dengan contoh SMS lo di atas, dengan ada kata2 “Hanya berlaku hari ini.” Padahal gw dapet SMS itu setiap hari wkwk.

    Disukai oleh 1 orang

    • Saya belum pernah bikin. Menurut saya minimal ada 2 elemen buat bikin aplikasi ini: server SMS gateway dan aplikasinya sendiri. Optional bisa tambah front end. Terus komunikasinya pakai API deh.

      Kalau obrolan lebih detail lagi pasti jatuhnya nggak gratis hehehe 🙂

      Suka

    • Benar ini aplikasi, Mas Arif. Berjalan di server telco/operator. Cara kerjanya dari sisi pengguna seperti yang saya jelaskan di postingan. Sementara cara kerja dari sisi server ya operatornya yang tahu 🙂

      Suka

  3. Yasser berkata:

    Klo sms yg masuk untuk hp yg cuma nelpon dan smsan aja ada gak aplikasinya? Ini kira2 yg trima org polsok2, coba deh share konsep yg begitu. Tks om yog..

    Suka

  4. Anonim berkata:

    sistem kerjanya tidak hanya berlaku utk hp canggih aja kok, hp jadul yg tidak ada paket data, location dan GPS tetap aja kena sms. 1 hari nomor seluler maksimal terima 2 sms promo/masking. cara kerjanya ya pake sensor di BTS terdekat. jadi tiap nomor yg bergerak di sekitar BTS langsung deh dapat sms.

    Suka

Silakan berkomentar di sini

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s