Uji Kosakata: Lawan Kata

Apa lawan kata dari nyata? Jangan dijawab ‘tidak nyata’ ya. Nanti kalah dari anak SD hehehe. Tergantung konteksnya, lawan dari nyata yaitu khayal atau maya. Mungkin bisa juga gaib.

Oke. Terus?

Salah satu fitur dalam bahasa adalah ekspresi yang menunjukkan dua hal yang berlawanan. Dalam Bahasa Indonesia pun ada. Hitam-putih, positif-negatif, bersih-kotor, ujung-pangkal, primitif-modern, dan sebagainya. Ekspresi tersebut terutama dipakai untuk membandingkan dua hal secara ekstrem. Kita menghindari kata ‘tidak’ dan memberi kata khusus sebagai lawan.

Yang seperti ini kan sudah dipelajari di SD. Tapi ini adalah Balada Bahasa Indonesia di blog saya. Target saya adalah membuat kita mengagumi kekayaan bahasa sendiri. Minimal ada peningkatan pengetahuan setelah membaca tulisan ini. Jadi saya membuat tes kecil-kecilan. Namanya Uji Kosakata. Lewat Uji Kosakata ini, saya memperkenalkan beberapa kata yang sebenarnya umum kita dengar namun cukup sulit untuk dicari lawannya. Sedikit lebih susah daripada soal anak SD…mungkin.

Perlu saya tambahkan bahwa jawaban terbaik adalah jawaban dengan makna paling spesifik. Contohnya, lawan sederhana adalah kompleks/rumit bukan sulit. Mengapa? Sebab lawan sulit adalah mudah, sementara makna sederhana dan mudah tidak sama.

Di sisi lain, lawan kata yang tepat pun tergantung dari konteks. Contohnya, apa lawan kata dari sempit? Dalam Bahasa Indonesia, ada dua konteks. Pertama berkaitan dengan celah. Dalam kasus ini, lawan sempit adalah lebar. Kedua berkaitan dengan luas. Kali ini, lawan sempit adalah luas.

Soal uji kosakata Bahasa Indonesia untuk umum

Uji Kosakata: Lawan kata.

Silakan menjawab di bagian komentar atau membaginya lewat media sosial biar teman-teman pusing. Jangan kalah sama anak SD. Selamat berjuang 😀

Mau tahu dan belajar lebih banyak tentang Bahasa Indonesia? Klik Balada Bahasa Indonesia.
Untuk memperoleh lebih banyak Uji Kosakata, klik tag Uji Kosakata.

Iklan

19 thoughts on “Uji Kosakata: Lawan Kata

  1. Waah, menantang! Coba ikutan ah (padahal kosakata minim) *tutup muka*
    2. Merdu x sumbang
    3. Murni x campuran
    4. Kokoh x goyah
    5. Awas x lengah

    Suka

  2. Gara berkata:

    Bingung, Mas :haha. Saya beli tesaurus saja deh :hehe. Cuma melihat diskusi di atas, kayaknya kata “langka” itu antonimnya “melimpah”, ya? (ingat dulu pernah baca buku ekonomi :haha).
    Dan saya masih penasaran dengan apa antonim dari “hampir” :hehe. Apa, ya…

    Suka

  3. Nyobak njawab mas

    Habis x Ada, Bersisa
    Merdu x Sumbang
    Murni x Campuran, Tercemar, Tekontaminasi
    Kokoh x Goyah
    Awas x Lalai
    Hampir x Jauh (padahal jauh itu sebenernya antonimnya dekat)
    Teratur x Acak
    Langka x Berlimpah

    Suka

  4. Dopi berkata:

    Dari semua kata2 saya ingin mengatahui perlawan dan saya minta tolong mas cari apa lawan dari lebar selain,panjang,,sempit,sebab lawan dari lebar yang komplit sulit untuk di cari,kalau bukan sama mbah google kepada siapa lagi saya bertanya? Karena lawan dari sempit itu ada luar,..

    Suka

Silakan berkomentar di sini

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s