Canva – Buat Gambar Indah untuk Blog Kamu dalam 5 Menit

Sebagai blogger, tentu ingin memberikan konten yang bagus buat dipasang di blog. Salah satu aspek yang perlu diperhatikan adalah tampilan blog. Kan seneng kalau lihat blog sendiri tampil oke :D. Hanya saja bikin tampilan blog yang oke itu butuh pengetahuan dan sense of art. Nggak semua orang punya, termasuk saya. Untungnya di internet tersebar berbagai aplikasi yang berguna buat membantu kita bikin konten multimedia yang menarik. Cepat, mudah, gratis pula. Namanya Canva (https://www.canva.com).

Niatnya sih sharing ke sesama blogger biar bisa memakai tools yang hebat ini sesuai daya imajinasi masing-masing. Pasti keren-keren deh. Saya kaget juga dalam 5 menit bisa bikin 1 konten visual yang selevel Photoshop.

Apa saja yang bisa dilakukan dalam Canva? Sejauh yang saya tahu, ada menu untuk membuat:

  • Postingan media sosial
  • Cover buku e-book
  • Facebook/Twitter cover
  • Quote
  • Infografik
  • Presentasi
  • Poster
  • Business Card
  • dan banyak lagi

Cara menggunakannya cukup mudah. Canva memiliki beberapa template indah yang siap dipakai.Template nya ada yang gratis maupun berbayar. Bisa juga upload foto sendiri. Font nya juga sudah disediakan dari sana. Tentu yang disediakan adalah font favorit para desainer, bukan font bawaan Microsoft Office ;). Kalau mau tambahan gambar, icon, layout tambahan pun tersedia juga. Modelnya ada yang gratis maupun berbayar. Yang gratis pun menurut saya masih memadai, tapi sebaiknya upload foto sendiri.

Ini hasil saya utak-atik selama setengah jam.

Desain cover buku online

Suatu saat saya ingin buat buku berisi teka-teki buatan sendiri. Desain ini macam buku buatan tahun 80’an sih.

Desain cover Facebook online

Contoh Facebook Cover

Quote kumpulan peribahasa

Peribahasa ala Yogi

Quote Rhoma Irama

Ini menurut saya paling epic. Sampai nggak percaya bisa dibikin dalam 5 menit.

Kalau mau bikin konten buat blog, saya saran pakai tools satu ini. Ditunggu karya keren fellow bloggers yah 🙂

10 thoughts on “Canva – Buat Gambar Indah untuk Blog Kamu dalam 5 Menit

Silakan berkomentar di sini

