Review Buku: Animal Farm – George Orwell

Setelah membahas novel legendaris George Orwell berjudul 1984 di postingan dulu, sekarang saya mau membahas karya George Orwell berjudul Animal Farm. Novel ini juga terhitung legendaris. Katanya nama George Orwell sebagai penulis kritik sosial melambung lewat karya satu ini.

Cover Novel Animal Farm George Orwell

Animal Farm – George Orwell

Saya akui kover novel ini keren. Di sisi lain, telat sekali novel ini terbit di Indonesia. Bentang Pustaka baru menerbitkannya Januari 2015. Faktanya, buku ini usianya sama dengan Indonesia. Terbit pertama kali tahun 1945 sebagai kritikan terhadap ideologi sosialisme. Dikemas dalam bentuk satir dan fabel, Animal Farm adalah sebuah bacaan yang mendidik namun tidak menggurui. Mirip dongeng sebelum tidur, hanya saja topiknya berat.

Kisahnya bermula dari Major, si babi tua peternakan yang visioner. Dia punya mimpi bahwa semua binatang di peternakan itu dapat hidup bebas tanpa ditindas manusia. Untuk itu para hewan harus bersatu mengalahkan si pemilik peternakan. Akhirnya mereka pun berhasil menguasainya.

Begitu para hewan menguasai peternakan dan menjalankannya, muncul berbagai perkara. Mengurus peternakan ternyata tidak semudah yang dibayangkan. Terlebih lagi, perkara kepemimpinan menjadi isu yang gawat. Berhasilkah para hewan itu mewujudkan kebebasan dalam peternakan mereka? Silakan baca sendiri 😀

Kamu berjiwa sosialis? Mahasiswa FISIP yang rajin kajian? Sekedar ingin tahu bagaimana ideologi sosialisme muncul dan berkembang dalam ilustrasi? Wajib baca buku ini.

Iklan

14 thoughts on “Review Buku: Animal Farm – George Orwell

  1. Gara berkata:

    Iya ya, dari awalnya saja sudah awal dari sosialisme banget :)).
    Dahsyat juga kekuatan buku ini kalau bisa mengubah perspektif, Mas :hehe. Mesti kuat iman kalau mau baca :hihi.

    Disukai oleh 1 orang

  2. Buku Animal Farm emang mantep banget, gua sampe masih dibuat takjub pas baca halaman terakhirnya, sungguh sangat cerdas si George Orwell ngegambarin totalitarianisme Uni Soviet di novel ini.

    Emang bener, pas banget novel ini untuk memperluas wawasan 🙂

    Suka

    • Saya waktu itu dapat di toko buku besar karena sedang masa cetak baru. Saat ini kalau tidak cetak ulang bisa dicoba ke toko buku online di sits web, Instagram, Facebook, dll.
      Semoga membantu.

      Suka

Silakan berkomentar di sini

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s