Lucky Streak Lampu Hijau

Lucky streak merupakan istilah yang berarti keberuntungan secara beruntun. Biasanya dipakai dalam istilah perjudian untuk menandakan kemenangan secara berturut-turut dan dapat uang banyak. Bukan berarti saya berjudi nih. Hanya saja beberapa waktu lalu saya mengalami hal menarik yang berkaitan dengan hoki ini.

Ceritanya Sabtu kemarin sanak keluarga main ke Bandung. Katanya tiba di Stasiun Bandung pukul 06:40. Karena ada sedikit hambatan, saya baru bisa berangkat pukul 06:30. Pasti terlambat, begitu pikir saya. Makanya begitu di atas motor langsung geber saja mumpung lalu lintas masih sepi. Begitu sampai di lampu merah Gasibu, alhamdulilah lampunya pas berubah hijau. Nggak ada halangan. Kemudian menuju lampu merah perempatan Taman Dago. Eh, nggak tahunya sedang hijau juga. Sampai saat itu saya senang karena lagi hoki. Yang bikin heran, setiap saya lalui lampu lalu lintas pagi itu, keadaannya selalu lampu hijau. Totalnya lima kali. Lima kali lampu hijau!

Anda mengerti betapa mejik pengalaman itu? Kalau disuruh mengulangi, saya nggak tahu kapan bisa terjadi lagi. Biar lebih paham, hitungan persentase kemungkinannya sebagai berikut.

Asumsikan rata-rata perbandingan waktu lampu hijau dan lampu merah adalah 1:2. Dengan demikian, kemungkinan kita datang di perempatan pas lampu sedang hijau adalah 1/3. Kalau dapat dua lampu hijau berturut-turut, kemungkinannya adalah 1/3 x 1/3 = 1/9 = 11,1%. Sementara lima lampu hijau berturut kemungkinannya adalah 1/3 x 1/3 x 1/3 x 1/3 x 1/3 = 1/243 = 0,41%. Satu dari dua ratus empat puluh tiga kali percobaan.

Ada dua kemungkinan apabila saya mendapatkan hoki di saat saya membutuhkannya:

  1. Saya jago hacking lampu lalu lintas macam game Watchdogs
  2. Perjalanan saya diridhoi
Game watchdogs hacking elektronik

Enak kalau bisa hacking ala Watchdogs, lampu lalu lintas jadi hijau semua (Sumber: venturebeat.com)

Nomor 1 mustahil di Bandung. Koneksi laptop aja gampang-gampang susah. Apalagi lampu lalu lintas 😛

Akibat kemacetan yang minim dan lampu lalu lintas yang hijau terus, saya bisa sampai dalam 15 menit (biasanya 20-30 menit). Tidak terlalu terlambat untuk menjemput keluarga. Mungkin lucky streak seperti ini terjadi karena tujuan yang mulia, jadi perjalanannya barokah 😀

Kesimpulan: Berdoa sebelum berangkat naik kendaraan. Luruskan niat yang barokah. Siapa tahu hoki.

Iklan

23 thoughts on “Lucky Streak Lampu Hijau

  1. Gara berkata:

    Saya juga pernah, Mas :hehe. Tapi paling banyak 3 lampu merah, setelah itu tetap, nunggu lagi nunggu lagi… dan kalau paling sering adalah dapat lampu merah terus berturut-turut :haha. Jadi beberapa lampu lalu lintas, selalu saya tibanya pas lampunya baru berganti merah.
    Well, itu mungkin saya lagi sial :haha.

    Suka

  2. Saya lupa pernah hoki kayak gini apa enggak. Yang jelas, biar dapet hoki yang serupa (meski dikit), kalo dari jauh lampunya udahh merah, kendaraan saya jalan pelan, trus kalo detik mendekati hijau, ngebut biar ga perlu brenti . 🙂

    Suka

  3. Kalau malem habis pulang dari Jatinangor, pasti sering dapet lucky streak ini di jalan Soekarno-Hatta. Tapi kalau pas pagi-pagi mah mustahil.

    Suka

Silakan berkomentar di sini

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s