Berburu Puzzle Kayu di Yogyakarta

Puzzle? memangnya dunia ini kurang membuat pusing sampai harus memainkannya? Well, sebagai penyuka puzzle saya pun tak bisa menyangkal pernyataan itu. Saya menyukai tantangan, dan puzzle menyediakan tantangan. Jadi hobi deh. Sampai dimasukkan dalam blog ini juga. Sesederhana itu alasan saya. Tapi ada bedanya juga. Tantangan yang ada dalam puzzle itu dibuat sedemikian rupa sehingga menarik dan membuat penasaran. Jadi memainkannya pun senang (kadang tambah frustrasi).

Karena sudah hobi, otomatis saya pun mengoleksi puzzle. Golongan puzzle utama dalam koleksi saya ada dua: twisty puzzle (keluarga kubus rubik) dan puzzle kayu. Khusus puzzle kayu, saya ada jujugan khusus: Yogyakarta.

Kalau melakukan pencarian lewat Google kadang saya sering sebal karena kata kunci “puzzle kayu” sering dicampuraduk dengan “mainan kayu” yang ditujukan untuk anak-anak. Ada perbedaan definisi puzzle kayu dan mainan kayu. Dalam bahasa Inggris, “wooden puzzle” sudah memberikan hasil yang pas dan berbeda dengan “wooden toys“. Ini contohnya:

Ini puzzle kayu atau wooden puzzle (Sumber: www.brilliantpuzzles.com)

Ini mainan kayu atau wooden toys (Sumber: www.kidsbabydesign.com)

Belum lama ini saya ke Yogyakarta dan berkesempatan untuk belanja sedikit. Otomatis langsung nggak nahan buat beli puzzle. Bahkan urgensinya lebih besar daripada beli baju atau oleh-oleh. Anyway, tempat yang saya tuju adalah Malioboro. Di daerah itu ada tiga target penjual puzzle kayu:

1. Pedagang kaki lima di sepanjang jalan Malioboro

Ini paling gampang ditemui. Banyak pedagang kaki lima menjual puzzle kayu di sepanjang jalan Malioboro. Di sisi lain ada kekurangannya juga. Pertama, harga awal yang ditawarkan pasti tinggi. Tawar sampai setawar-tawarnya. Harga standar untuk puzzle kayu di daerah ini adalah Rp 10.000 sampai Rp 20.000 tergantung kerumitannya. Selanjutnya, pilihan puzzle di sini terbatas. Umumnya hanya jenis paling pasaran saja yang banyak tersedia. Satu lagi, kualitas puzzle yang disediakan beragam. Kadang bagus, kadang tidak presisi (catatan: presisi itu faktor yang sangat mempengaruhi enak tidaknya puzzle kayu dimainkan). Anda harus pandai memilih.

2. Toko Suvenir Trion’s

Banyak toko souvenir di Yogyakarta. Saya menyebut toko Trion’s ini karena mereka menyediakan bagian khusus untuk puzzle! Betapa senangnya diri saya hehehe. Lokasinya di seberang Hotel Mutiara.Tampilannya khas karena benar-benar spesifik menyediakan souvenir berbahan dasar kayu, logam, atau tanah liat.

Harganya cukup terjangkau, kisarannya antara Rp 10.000 hingga 30.000 tergantung tingkat kerumitan puzzle.

3. Mirota Batik

Mungkin ini yang paling terpercaya dan terkenal di kalangan pelancong. Mirota batik memang berisi berbagai benda. Mulai barang bagus, benda antik, sampai menyan. Puzzle kayu pun tentunya ada. Di sini ada harga ada rupa. Tergolong cukup mahal, namun kualitasnya dapat dipertanggungjawabkan. Anda nggak bakal menyesal beli sedikit lebih mahal di sini.

Sebenarnya panyak perajin handicraft tersebar di penjuru Yogyakarta. Sayangnya saya belum banyak mengeksplor kemungkinan itu. Lokasinya cukup jauh. Para pembaca yang mengetahui lokasi perajin tersebut boleh berbagi info tentunya 🙂

Ini hasil berburu saya. Beli empat. Totalnya mahal, tapi puas.

Iklan

17 thoughts on “Berburu Puzzle Kayu di Yogyakarta

  1. Sebagai tambahan informasi buat Panjenengan, Mas Yogi..

    Kami menyebutnya sebagai Puzzle IQ, meski sebenarnya istilah yang paling pas adalah Puzzle EQ.

    Puzzle IQ atau Puzzle Educational Thinking ini adalah media edukatif untuk melatih kemampuan Problem Solving (sering disebut sebagai Puzzle Artificial Problem Solving) serta Endurance (dikenal dengan istilah Puzzle Artificial Intelegencia) dalam satu kesatuan proses (Research, Clafication, and Analys) yang sering digunakan untuk Tes Intelegensia Dewasa (TID), Senam Otak (Brain Gyms), Terapi Okupasi dan Terapi Dimensia (Unit Psikogereatri), juga untuk Internal Out-Bound dan Ice-Breaking.

    Terbuat dari pemanfaatan Limbah Kayu Jati (mayoritas), Mahoni (beberapa item), Sonokeling, dan kayu jenis lain semisal Suren, Sawo, Pinus, Karet, dll (alternatif).

    Koleksi Produk mencapai 115 jenis.

    Mulai berdiri Oktober 1999.
    Merek: Puzzle IQ-Jogja.

    Kontak kami di 0816689503 (Eko Witono), 085713728336 (Alfi Sa’dhiyah) atau 0298-313502 (rumah) atau alamat email kami citra_grafika@yahoo.com dan rumah_puzzle@yahoo.com atau di http://www.facebook.com/eko.witono atau di http://www.indonetwork.co.id/RumahPuzzle-Salatiga atau Puzzle IQ-Jogja/Tokopedia.com

    Suka

    • Kalau nama marketingnya memang bermacam-macam. Hanya saja secara global puzzle seperti ini digolongkan brain teasers dan mechanical puzzle. Secara pribadi saya lebih suka namanya diseragamkan. Tapi saya senang kalau ada produsen lokal. Soalnya banyak yang harganya mahal kalau di luar negeri.

      Suka

      • Nyuwun sewu Mas Yogi, Istilah Puzzle IQ atau Puzzle Educational Thinking bukan berasal dari nama marketing, namun justru merupakan penggolongan secara ilmiah menurut disiplin ilmu kependidikan maupun psikologi. Sy menerima informasi ini saat mengikuti event Inacraft, Senayan Jakarta, tahun 2001, saat bertemu dg salah satu buyer sy dulu yg berasal dari England. Dulu sy menyebut permainan ini sebagai Puzzle Toys atau Puzzle Educational Toys, dan ternyata istilah tersebut kurang tepat. Beliau meluruskannya sebagai Puzzle Educational Thinking. Hal ini diperkuat dg pernyataan salah satu visitor di stand kami di Solo Grand Mall, tahun 2003, beliau salah satu dosen di American College, Amerika (maaf sy lupa namanya), bahwa permainan ini memang merupakan kelompok permainan Puzzle Educational Thinking. Hanya saja istilah tersebut di Indonesia kurang populer. Di sini populer disebut sebagai PUZZLE saja.

        Sementara brain teasers dan mechanical puzzle, adalah istilah penggolongan Puzzle Educational Thinking yg umumnya merujuk pada bahan baku logam/metal (wire games), dan bukan berbahan baku kayu. Terkait hal ini, Jenengan bisa mengunjungi http://www.davans.com atau http://www.masterpuzzle.com. Kalau Jenengan hobbies di puzzle logam metal ini, sy sarankan untuk berburu produk Hanayama dari Jepang, yg kualitasnya paling top. Bahannya campuran antara baja dan tembaga. Kalau di Jakarta, bisa Jenengan dapatkan di “Mall Onta”. Mall yg ada semacam patung Unta-nya di atap Mall.

        Mengenai soal harga, sebenarnya sangat relatif, yang jelas kesepakatan tidak tertulis di dunia IPP (International Puzzle Producent), harga merujuk tingkat kesulitannya, di mana dapat dilihat simbol warnanya. Semakin gelap warnanya semakin susah dan semakin terang warnanya semakin mudah. Semuanya ada 9 level tingkat kesulitannya. Di mana untuk Indonesia, sy mempopulerkan 3 macam tingkat kesulitan, yaitu Dasar, Menengah dan Mahir, hanya saja untuk masing-masing tingkat kesulitan tadi masih dibagi lagi menjadi 3 kelompok, yaitu Dasar-Dasar, Dasar-Menengah, dan Dasar Mahir, lalu Menengah-Dasar, Menengah-Menengah, dan Menengah-Mahir, kemudian Mahir-Dasar, Mahir-Menengah, dan Mahir-Mahir (Advance).

        Terkait harga, di tempat kami Puzzle IQ-Jogja, harga tidak berubah sejak tahun 1999 (saat bensin masih di kisaran harga Rp 500,-). Yaitu, untuk tk.Dasar, range harganya 10rb-15rb, untuk tk.Menengah, range harganya 20rb-30rb, dan untuk tk.Mahir, range harganya 35rb-45rb. Sedangkan khusus untuk tk.Advance dan Made by Order bermacam-macam, ada yg 75rb, 100rb, 125rb, 155rb, dsb.

        Demikian tambahan informasi dari kami..

        Eko Witono
        Puzzle IQ-Jogja
        0816689503

        Suka

  2. djoko berkata:

    saya jg suka permainan seperti itu mas,d tempat saya sulit carinya,makanya saya buat sendiri dari limbah kayu dan pipa pvc bekas untuk ringnya.

    Suka

Silakan berkomentar di sini

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s