Balada Bahasa Indonesia: Pusa Linear, Juru Atak, Avonturir, dan Parser

Kegiatan akhir-akhir ini membuat saya harus memperhatikan tata Bahasa Indonesia yang baik dan benar. Saya jadi rajin membuka kamus. Lalu saya mulai menyadari bahwa sebenarnya Bahasa Indonesia itu perbendaharaan katanya luas. Kurang populer saja, tergantikan oleh istilah asing yang terdengar lebih keren. Sebenarnya ada kata dalam Bahasa Indonesia untuk beberapa kata sulit. Supaya lebih gaul, saya cantumkan dalam meme kamus yang sedang ngetren 🙂

Definisi momentum adalah

Bagi yang pernah belajar fisika tentu ingat istilah momentum linear. Siapa sangka ada kata baku dalam Bahasa Indonesia untuk menjelaskannya? Kata tersebut adalah pusa linear.

Definisi layout designer

Juru atak mungkin terdengar kampungan dibanding layout designer. Percayalah, kata ini sudah digunakan sejak masa Belanda masih nongkrong di Hindia Belanda. Ini hanya hipotesis saya, namun ‘atak’ nampaknya berasal dari ‘kata’ yang dibalik. Mengapa demikian? Karena pada zaman dahulu sebelum ada komputer, percetakan masih menggunakan huruf cetak. Peletakannya pun harus dibalik seperti asas pencerminan.

definisi petualang adalah

Avonturir sama artinya dengan petualang. Menurut saya sih, avonturir ini lebih keren.

Oh iya, di gambar atas bertuliskan ‘pertualangan’, bukan ‘petualangan’. Menurut Anda mana yang betul ? 😉

Definisi parser adalah

Sebagai mahasiswa yang kuliah di bidang IT, saya mengerti istilah parser ini sejak lama. Kegunaan utamanya adalah memisahkan kumpulan huruf menjadi kata yang tepat. Sejujurnya saya kaget bahwa parser termasuk dalam kata Bahasa Indonesia yang valid.

Ketulangan adalah tersedak duri atau tulang

(BONUS) Yang ini bukan berasal dari bahasa asing. Khas budaya Indonesia (umumnya orang asing memisahkan tulang dan duri sejak awal). Tentu sering mengalami ini kan. Saya sendiri baru tahu kata ketulangan. Saya senang kalau ada kata yang menggambarkan kondisi spesifik.

Semua kata yang ada di postingan ini saya dapatkan dari KBBI yang disarikan di http://kamus.cektkp.com/.

Kalau ada yang suka memopulerkan kata-kata gaul, saya coba memopulerkan kata-kata yang benar.

7 thoughts on “Balada Bahasa Indonesia: Pusa Linear, Juru Atak, Avonturir, dan Parser

  1. Gara berkata:

    Wow, kata-kata baru!
    Menurut saya bahasa Indonesia itu adalah bahasa yang indah. Keindahannya berbeda dari bahasa-bahasa lain! Dan kata-kata di sini menyiratkan betul kehindahan itu, satu keindahan alami :))

    Suka

Silakan berkomentar di sini

