Balada Bahasa Indonesia: Obat

Balada Bahasa Indonesia ini judul yang saya buat spesifik untuk membahas kata dalam Bahasa Indonesia yang ‘aneh’. Setiap bahasa punya ciri khas. Seringkali ciri itu sudah biasa kita dengar, namun lucu juga kalau dibahas. Nah, pada postingan ini saya akan membahas kata obat.

Menurut sabda Kyai Besar Bahasa Indonesia (KBBI) online, obat memiliki beberapa makna.

obat n 1 Far bahan untuk mengurangi, menghilangkan penyakit, atau menyembuhkan seseorang dr penyakit: daun ketepeng sering dibuat — pencahar;2 Kim bahan kimia (untuk pelbagai keperluan): hendak mencuci potret, tetapi tidak ada — nya; 3 ki mesiu; peluru: membuang — , menembak ke atas (hanya untuk menakut-nakuti dsb); 4 ki guna-guna: dia jadi penurut spt orang kena –; jauh penyakit hampir, pb dl kesusahan sukar mendapatkan pertolongan; berada dl kesukaran;

Bicara tentang obat, mari kita cek kata-kata berikut:

Obat batuk: obat supaya badan tidak batuk

Obat nyamuk: obat yang membunuh nyamuk

Obat kuat: obat yang membuat kuat/vitalitas tinggi

Obat merah: obat berwarna merah dengan fungsi mengobati luka

Masih banyak lagi obat-obat lain. Obat pel, obat tidur, dan seterusnya. Tentunya kita tidak mengatakan obat kuat adalah obat yang menghilangkan vitalitas. Obat nyamuk juga bukan obat supaya bisa jadi nyamuk. Namun kalau begitu definisi obat jadi kontradiktif. Supaya bisa lebih universal, definisi obat ini perlu kita rombak.

Obat

Menurut saya, definisi obat itu paling mendekati definisi potion dalam Bahasa Inggris. Potion merupakan larutan yang memiliki khasiat tertentu. Diterjemahkan ke dalam Bahasa Indonesia menjadi obat. Kemudian kita lihat lagi pola penggunaan kata ‘obat’ dalam Bahasa Indonesia. Kata obat umumnya diikuti dengan kata benda atau kata sifat. Lihat lagi contoh di atas. Kata-kata Bahasa Indonesia itu umumnya sudah dibuat sejak lama. Penggunaannya untuk kepentingan praktis.

Bayangkan asal kata obat nyamuk. Ditemukan sebuah cairan yang bisa membunuh nyamuk, namun tidak membunuh manusia maupun hewan lain. Memenuhi definisi potion, bukan? Orang-orang zaman dahulu tidak suka ambil pusing. Potion adalah obat. Gunanya untuk membunuh nyamuk. Namakan saja obat nyamuk. Untuk benda-benda lainnya pun demikian. Ada larutan yang bisa menyembuhkan penyakit batuk. Namakan saja obat batuk.

Dengan melihat pola tersebut, secara umum definisi obat dalam Bahasa Indonesia adalah segala bentuk bahan kimia yang diaplikasikan dalam fungsi tertentu. Sudah tercantum dalam KBBI sih. Saya harap argumen ini bisa dimengerti. Semoga postingan ini juga berguna untuk menambah pengetahuan hehehe.

Iklan

Silakan berkomentar di sini

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s