Kapitalisme Masuk Ponorogo: Bioskop

Ketika saya bicara kapitalisme bukan melulu konteks negatif. Justru judul di atas menunjukkan bahwa kehidupan modern sudah masuk di Ponorogo. Yap, pertumbuhan ekonomi di tingkat kabupaten sudah tak bisa diremehkan lagi.

Cukup mengejutkan ketika saya baca berita bahwa di Ponorogo  sudah ada bioskop Cinemaxx. Bukan bioskop dengan film setengah ketinggalan. Hal terbaiknya, saya bisa pamer ke teman-teman dari kabupaten hehehe. Sebab hanya segelintir kabupaten yang punya bioskop selevel ini. Di sisi lain jangan membayangkan bioskop ini sekeren dan semegah di kota besar. Gotta lower your expectation.

image

Saya belum lama sampai di Ponorogo dalam rangka lari dari tugas akhir liburan. Rencana nonton langsung terbayang, sekalian testing seperti apa bioskop di sini. Kebetulan The Hobbit sudah tayang. Saya putuskan nonton.

image

Harga tiket bioskop ini Rp 25.000. Bahkan dalam masa promosi bulan November kemarin harganya Rp 20.000. Bagi saya yang terbiasa nonton di Bandung, tentu saja harga itu murah sekali. Namun harga masih jadi isu yang penting di level kabupaten. Kalau masyarakat menganggap kemahalan, peminat akan sedikit dan bisa bikin rugi. Harga popcorn dan minuman pun diminimalkan. Makanya dari sisi penampilan, bioskop ini tidak terlalu istimewa. Bagi saya, untuk level kabupaten ini sudah oke.

Yang mengejutkan, penonton cuma setengah studio. Padahal itu hari libur, padahal film The Hobbit, padahal jadwalnya sehari cuma sekali. Mungkin budaya nonton masih belum kuat di Ponorogo.

Cinemaxx Ponorogo ini bagi saya memuaskan. Lumayan jadi hiburan, dan tidak ketinggalan obrolan film.

4 thoughts on “Kapitalisme Masuk Ponorogo: Bioskop

Silakan berkomentar di sini

