Belanja Buku Desember

Bulan baru sudah datang. Stok buku yang antri untuk dibaca sudah tipis. Artinya saat belanja sudah tiba :3

Desember ini saya cukup kalap belanja buku. Kemarin beli di Toko Buku Togamas Bandung di Jl. W.R Supratman. Tiga buku cetak dan satu majalah. Kantong langsung terancam. Apalagi di tengah deraan kenaikan harga kebutuhan akibat BBM. But hey, I got fine books for me which is nice.

Berikut adalah buku dan majalah yang saya beli

  • Burung-burung Manyar – Y.B Mangunwijaya
  • Collapse: Runtuhnya Peradaban-peradaban Dunia – Jared Diamond
  • Sherlock Holmes: The Sign of Four – Sir Arthur Conan Doyle
  • National Geographic Indonesia – Desember 2014

Saya bahas satu per satu bukunya di sini nih

1. Burung-burung Manyar – Y.B Mangunwijaya

burung manyar

Burung-burung Manyar – Y.B Mangunwijaya

Ini adalah legenda sastra Indonesia yang dicetak ulang. Sudah lama saya cari-cari ini. Katanya sudah tak terhitung pujian yang dilontarkan atas karya ini. Sebagai peminat sastra legendaris, pantang bagi saya untuk menolak ketika menyaksikan buku ini bertengger di rak toko buku. Hehehe.

Kisah dalam buku ini berkait dengan perjuangan pasca proklamasi kemerdekaan. Kisah heroik dan romantis nampaknya, sesuai ciri khas karya pada masa itu.

2. Collapse: Runtuhnya Peradaban-peradaban Dunia – Jared Diamond

collapse

Collapse: Runtuhnya Peradaban-peradaban Dunia – Jared Diamond

Mengapa banyak peradaban runtuh dari masa ke masa? Apakah tanda-tanda keruntuhan suatu bangsa? Bagaimana cara mempertahankan keutuhan bangsa dalam jangka waktu panjang? Tiga pertanyaan besar tersebut dibahas oleh Jared Diamond secara komprehensif, lihat saja tebal bukunya sampai menandingi buku teks Computer Network saya. Buku ini bercerita tentang penyebab keruntuhan peradaban masa lampau seperti Pulau Paskah, Suku Maya, hingga kejadian genosida di Rwanda tahun 1994. Menariknya wilayah Indonesia juga dibahas di sini, pada aspek pertambangan di wilayah Indonesia Timur. Apakah Indonesia juga rawan terpecah? Semoga tidak.

3. Sherlock Holmes: The Sign of Four – Sir Arthur Conan Doyle

sherlock holmes

Sherlock Holmes: The Sign of Four – Sir Arthur Conan Doyle

Sudah banyak buku Sherlock Holmes yang saya miliki. Ini jadi penambah koleksi yang baik. Sayangnya penerbit buku Sherlock Holmes beragam, jadi koleksi saya juga dari penerbit comot sana-sini.

4. National Geographic Indonesia – Desember 2014

natgeo

National Geographic: Desember 2014. Gambar aslinya lebih merah dan menarik, tapi setelah dipindai entah kenapa jadi seperti ini.

Apakah yang dapat menyatukan kita? Salah satunya makanan. Kenyataan ini baru saya sadari ketika menginjak waktu kuliah. Ternyata makan bersama itu memang lebih menyenangkan, memunculkan keakraban, sekaligus membantu menyelesaikan masalah. Dalam majalah ini tentunya disertai foto-foto indah khas National Geographic. Saya sudah baca dan bagus banget. Tapi karena mahalnya nggak bisa beli sering-sering :p.

Bagaimana dengan anda, sudah belanja buku bulan ini?

Iklan

3 thoughts on “Belanja Buku Desember

  1. Eh, keluar dari buku boleh yah, Togamas di Supratman udah gak ada yah? Juli kmren ke Bandung, mau cari buku di sana dua kali bolak balik aku gak nemu, apa mataku ajah lagi sepet gak liat. Thanks.

    Suka

Silakan berkomentar di sini

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s