Galeri Grebeg Suro 2014 di Ponorogo

Grebeg Suro merupakan festival tahunan untuk menyambut ulang tahun Ponorogo sekaligus tahun baru Hijriyah. Saya lihat Ponorogo sudah berulang tahun ke-518. Saya perlu mengakui penjagaan tradisi ini luar biasa. Lalu acara yang dilaksanakan pun beraneka macam. Ada kirab pusaka sepanjang jalan utama Ponorogo (lewat depan rumah saya juga. Jadi saya nggak pernah melewatkan hehe), larungan di Telaga Ngebel, Festival Reyog Nasional, pasar malam, dan banyak lagi. Ini bukan sembarang festival bagi warga Ponorogo. Setiap orang menyambut dengan suka cita. Yang dari kampung pelosok pun datang berbondong-bondong dengan minibus atau truk. Pusat kota penuh sesak dengan manusia. Mungkin hampir ratusan ribu. Untuk sebuah kabupaten yang rada sepi (ini bicara berdasarkan pengalaman), Grebeg Suro adalah selebrasi terbesar.

Sekarang saya cukup sedih karena sudah bertahun-tahun tidak menonton Grebeg Suro. Merantau di Bandung adalah sebabnya. Suasana ramai dan hingar bingar itu benar-benar saya rindukan. Orangtua kemarin sudah menelepon apakah saya mau pulang. Tapi bahkan kemarin saya baru ingat kalau hari ini adalah tahun baru Hijriyah. Begini rupanya efek tidak punya kalender di kosan.

Alhasil yang bisa saya lakukan untuk mengobati kerinduan adalah lewat teknologi. Berita berkembang cepat. Baru sehari berselang saja sudah banyak foto Grebeg Suro 2014. Saya kumpulkan dalam post ini supaya bisa dapat feeling selebrasinya. Nah, bagi yang tertarik boleh juga lihat-lihat. Bisa jalan-jalan ke Ponorogo tahun depan buat melihatnya.

Sumber foto

Silakan berkomentar di sini

