Entropi Sikap

Pernah suatu kali saya melihat berita di internet bahwa kamar berantakan itu ciri orang yang kreatif. Berikut link nya:

http://www.provoke-online.com/index.php/lifestyle/lifestylenews/2988-kebanyakan-pemilik-kamar-berantakan-itu-kreatif-ini-buktinya

Setelah membacanya, saya merasa skeptis. Begini jalan pikiran saya, orang kreatif itu memiliki pola pikir yang abstrak, berloncatan, dan tidak teratur. Hal itu membantu dalam sintesis ide yang datang tiba-tiba, bersifat nyeleneh, dan justru digandrungi pada masa sekarang. Nah, salah satu efek samping dari pola pikir kreatif ini adalah pola hidup yang tidak terstruktur. Bentukannya ya kamar berantakan itu sendiri. Jadi kesimpulannya orang kreatif itu kamarnya cenderung berantakan.

Sekarang ini yang saya tanyakan: apakah dengan membuat kamar menjadi berantakan, pola pikir kita menjadi kreatif? Analoginya adalah logika dasar, misalnya apabila kehujanan baju kita akan basah. Apakah jika baju kita basah, itu selalu akibat dari kehujanan? Hal tersebut yang saya maksud dengan entropi sikap. Artinya, suatu gejala tidak dapat langsung diasosiasikan pada sikap tertentu hanya karena itu yang secara umum terjadi.

Berikut beberapa contoh lain yang saya ajukan terkait entropi sikap:

  • Katanya karakter seseorang dapat dilihat dari tulisan tangannya. Apabila saya berusaha dan berlatih untuk menulis dengan gaya tertentu sampai terbiasa, akankah karakter saya berubah?
  • Katanya kita dapat mengubah karakter dengan melakukan kebiasaan setiap hari selama 30 hari berturut-turut. Apakah itu benar?

Mungkin ada yang bisa memberikan penjelasan atau memberikan tanggapan saya persilakan 🙂

Silakan berkomentar di sini

