Hobi Lama, Puzzle Baru: Kongming Lock

Saya suka puzzle seperti anak-anak suka angpau saat hari raya. Sebabnya sederhana, saya suka tantangan. Terutama yang berkaitan dengan pikiran. Puzzle itu bagai makanan pikiran. Sekali menyelesaikan sebuah teka-teki rasanya neuron baru tersambung dalam kepala. Tentu diiringi rasa puas setelah dirundung frustasi. Sekarang saya posting tentang ini karena baru saja dapat satu koleksi puzzle baru.

Pas belanja di sebuah supermarket, saya nemu bagian penjualan barang sisa. Yah, macam clearance sale gitu. Menjual barang yang sudah nggak laku bertahun-tahun. Salah satunya ada puzzle bertipe kongming lock atau burr. Buatan Cina, bahan dari plastik. Saya ingat setahun  lalu ada mainan yang sama tergantung di rak. Harganya waktu itu Rp 42.000. Dulu saya sudah keinginan untuk membelinya. Namun harganya serasa tidak sebanding. Kini harganya tinggal Rp 22.500. Itu setara uang makan 2x bagi mahasiswa. Setelah menimbang sepersekian detik, saya sambar saja puzzle yang kurang laku itu (nggak heran juga kenapa puzzle dijual sedikit. Bagi orang sini, buat apa membayar barang yang akan bikin pusing diri sendiri?).

Puzzle ini masuk kategori burr. Namanya tidak diketahui karena bertuliskan huruf kanji

Puzzle ini masuk kategori burr. Namanya tidak diketahui karena bertuliskan huruf kanji

Begitu selesai belanja langsung saya buka. Jelas kalau ini barang dari plastik. Namun kualitasnya tidak mengecewakan. Dan saya merasa beruntung bisa membawa pulang puzzle ini dengan harga miring. Asal tahu saja, puzzle jenis burr atau kongming lock ini biasanya terbuat dari kayu atau plastik. Harganya bisa bikin mahasiswa puasa satu minggu.

Contoh puzzle serupa dari kayu (Sumber: Rob’s Puzzle Page)

Ternyata ini tantangan yang gampang. Saya berhasil melepas semua bagiannya kurang dari 10 menit. Namun membongkar lebih mudah daripada memasang. Saya akhirnya pakai contekan kunci jawaban untuk memasang bagian-bagian puzzle menjadi utuh kembali.

Warna-warni

Warna-warni

Menyenangkan? Bagi saya tentu saja. Namanya juga hobi.

Silakan berkomentar di sini

