Ringkasan Ekonomi Teknik Versi Saya

Karena anjuran dosen untuk menguasai materi sebuah kompetisi, saya mulai belajar materi ekonomi teknik (engineering economics). Sebagai acuan awal, saya menggunakan DIKTAT KULIAH EKONOMI TEKNIK GP32021 yang diunduh dari link berikut: http://staff.ui.ac.id/system/files/users/eva.fathul/material/ekotek-21-5.pdf. Setelah membaca selama satu setengah jam saya mendapat kesimpulan.

Ternyata riba itu benar-benar jahat

Saya jadi teringat perkataan seorang teman kalau belajar ekonomi teknik adalah belajar tentang riba.

Ini saya kutip sedikit saja dari diktat tersebut (Perlu dicatat bahwa saya bukan pemilik konten diktat. Silakan menghubungi saya jika ingin memoderasi)

riba jahat

Bayangkan empat orang meminjam uang $10.000. Mereka harus mengembalikannya secara cicilan dalam 10 tahun dengan bunga 6%. Uang sama dan ketentuan sama. Namun pada akhirnya mereka membayarkannya dalam jumlah berbeda. Mengapa? Sebab mereka mencicil dengan model yang berbeda. Pinjaman yang masih belum terbayar akan berbunga dan jadi beban baru. Semakin lama melunasi pinjaman, semakin besar jumlah uang yang harus dikembalikan.

Semakin lama melunasi pinjaman, semakin besar jumlah uang yang harus dikembalikan

Entah kenapa pikiran saya menentang hal yang seperti ini. Kemungkinan besar dari latar belakang Islam dan gejala-gejala sosialis saya. Sayangnya juga saya tidak mengerti tentang ekonomi secara lebih mendalam. Belum terbayang solusi. Kapitalisme memang sudah merasuk jauh di kehidupan manusia modern. Yang bisa dilakukan orang biasa cuma sedikit. 

 

Iklan

Silakan berkomentar di sini

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s